Selasa, 03 Agustus 2010

SHARING SESSION CUSTOMER CARE, SARANA DAN PELAYANAN SE JAWA – SUMATERA



Kamis, 29 Juli 2010 bertempat di BPTT (Balai Pelatihan Teknik Traksi) Yogyakarta digelar Sharing Session Customer Care, Sarana dan Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Acara yang melibatkan seluruh jajaran Asisten Manager (Asmen) Sarpen (Sarana Penumpang), Asmen Information Technology, Asmen Customer Care, Asmen Pelayanan, dan Asmen Sarana se Jawa dan Sumatera ini kali pertama digelar.

Dalam kesempatan ini menghadirkan Direktur Komersial PT. KAI Sulistyo Wimbo Hardjito sebagai pembicara dan pemberi arahan didampingi Deputy EVP Daop 6 Yogyakarta, Muhardono beserta General Manager BPTT Efrianto R Chan. Sulistyo menyampaikan arahan kepada peserta sharing bahwa selama ini kita terlena, apa yang kita lakukan berorientasi kepada tugas pelayanan bukan keuntungan. “Pada tahun 2009 PT KAI (Persero) untung sekitar 155 M, apabila tahun 2010 ini kita untung maka seterusnya kita harus untung” ungkap Dirkom. Dirkom mengharapkan bahwa kita harus merubah pola pikir kita, yang kita jual adalah pelayanan, kenyamanan bukan tugas memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain. Dikatakan Dirkom bahwa Pelayanan dengan mengutamakan Keselamatan adalah hal yang utama yang tidak bisa ditawar.


Kiri: Para pembicara dan peserta Sharing Session Customer Care berfoto bersama di BPTT (Balai Pelatihan Teknik Traksi) Yogyakarta Kamis, 29 Juli 2010.
Kanan: Dirkom PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito mengayunkan cangkul dalam penanaman pohon usai acara Sharing Session Customer Care.

Sebagai operator penyedia jasa angkutan massal kita diharapkan menjalankan tugas penyedia jasa namun juga diharapkan bisa mencari keuntungan. Paradigma harus dirubah dari Product Oriented menjadi Customer Oriented, dari Customer Driven menjadi World Class Company.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah perusahaan jasa yang telah berusia lebih dari 30 tahundiharapkan mampu membuka diri terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, perubahan status dari PERUM menjadi PT dan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus mampu membuka diri untuk belajar dari indusri-industri lain dalam hal pengelolaan perusahaan secara profesional.

Dengan tema “ Peningkatana Kualitas Pelayanan Terhadap Pengguna Jasa KA” diharapkan menjadi semangat jajaran PT KAI (Persero) dalam berkomitmen untuk melayani sebagai operator penyedia jasa angkutan massal. Tanpa adanya pelayanan yang prima, sebuah perusahan tidak akan dapat berkembang walaupun produk yang dimiliki memiliki kualitas yang sangat baik.

Dalam acara sharing ini peserta banyak menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh daerah masing-masing. Selain sharing dengan Dirkom di akhir acara dilakukan penanaman pohon sebagai wujud kepedulian jajaran PT KAI (Persero) terhadap lingkungan. Hal ini dimaksudkan bahwa melayani itu adalah tugas dan bentuk kepedulian, termasuk kepedulian akan lingkungan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar