Selasa, 06 Juli 2010

Operasi Tiket KA

Daop 1 dan Daop 3 gelar operasi penertiban tiket kereta


PT Kereta Api menggelar operasi pemeriksaan serentak (PS) penertiban penumpang tanpa karcis (free rider) di Stasiun Jatinegara dan Cikampek, Jumat (25/2). Operasi kali ini merupakan operasi Gabungan Daerah Operasi 1 Jakarta dan Daerah Operasi 3 Cirebon




Menurut kepala Humas PT KA Daop I Jakarta Sugeng Priyono, PS bertujuan menurunkan penumpang tak bertiket di lintas KA jarak jauh.
"Penertiban free rider hari ini ditujukan bagi penumpang tak bertiket oleh petugas KA serta gabungan dari Polri dan Garnisun," ujar Sugeng saat diwawancara media cetak dan elektronik.



Dia memaparkan pelaksanaan PS dimulai dari Stasiun Jatinegara melibatkan lebih kurang ratusan petugas gabungan. Petugas itu meliputi sebanyak 20 personil dari Garnisun, 30 dari Polri & Security dan 50 petugas internal PT KA.



Kereta-kereta yang menjadi target operasi sebanyak 8 KA yakni KA Sembrani, KA Bangunkarta, KA Gumarang, KA Senja Kediri, KA Senja Bisnis Semarang, KA senja Bisnis Solo, KA Senja Bisnis Jogja dan KA Sawunggalih.
Sugeng menambahkan, Pola operasi yang dilakukan adalah petugas gabungan dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok disesuaikan dengan jadwal keberangkatan KA yang menjadi target operasi. Petugas gabungan mulai naik dari stasiun Jatinegara dan berakhir di stasiun Cikempek.



Pemeriksaan Serentak (PS) dibagi dua system yakni PS jalan antara Stasiun Jatinegara sampai dengan stasiun Cikampek dan Operasi setempat (stasioner) di Stasiun Cikampek. Pada PS jalan berhasil menjaring 707 oknum TNI dan 181 penumpang sipil, secara total menjadi 888 orang dengan jumlah pendapatan mencapai Rp. 100.543.500,- . Sedangkan hasil PS stasioner di stasiun Cikampek berhasil menjaring 17 orang oknum TNI dan 190 orang penumpang sipil, total 207 penumpang dengan pendapatan mencapai Rp.21.065.000,-
Sehingga total penumpang yang terjaring mencapai 1.095 orang dangan total pendapatan mencapai Rp.121.608.500,-.###

Tidak ada komentar:

Posting Komentar