Selasa, 06 Juli 2010

Salon Kereta Api




PTKA LUNCURKAN KERETA SALON



Jakarta, 4 Mei 2009
Komitmen PT. Kereta Api (Persero) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan terus diupayakan. Senin (4/5) PT KA meluncurkan 1 set rangkaian KA Gaya Baru Malam Jakarta-Surabaya yang sudah disalon. Peluncuran sederhana dilakukan Wakil Kadaop 1 Jakarta, Yusren.
Seperti diketahui, untuk membersihkan kereta-kereta yang sudah lusuh, PT. KA mulai menyalon kereta pada awal April lalu. Hasilnya luar biasa, kereta yang semula ditutupi debu, dapat mengkilat dengan dioles bahan kimia crodian 5 B. Dari 90 kereta yang akan disalon di Daop 1 Jakarta, 1 set (12 kereta sudah siap dioperasikan), sedang yang lain masih dalam proses secara bergilir.
Salon kereta dipilih PTKA karena dengan metode ini, dapat merubah fisik kereta yang sudah lusuh, kusam menjadi seperti kereta baru. Upaya ini merupakan tindak lanjut dari manajemen baru PTKA yang memprogramkan kebersihan, keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu perjalanan, baik di stasiun maupun di atas KA. “Ada 4 pilar utama yang ingin dicapai manajemen baru dibawah komando Dirut PTKA, Kebersihan, keamanan, keselamatan dan ketepatan waktu perjalanan.”
Obsesi PTKA, kereta harus selalu tampil fresh, maka sejumlah kereta kami masukkan ke salon, di Manggarai dan di Depo Kereta Jakarta. Alhamdulillah hasilnya luar biasa dan sangat bagus. “Target kami kereta ekonomi dulu. Setelah itu KA-KA kelas bisnis dan eksekutif akan menyusul.”
Untuk menyalon 1 kereta, biaya yang dibutuhkan Rp 9 juta. Untuk mengerjakan 1 kereta dibutuhkan minimal 12 orang tenaga kerja dan memerlukan waktu 3 hari. “Kami bekerjasama dengan PT. Jatrako Daksa Utama, penemu crodion 5 D. Sasaran pembersihan meliputi dinding luar, dalam, WC, atap. “Pokoknya semua yang tampak kotor kami garap.”



Untuk menjaga agar kereta yang sudah disalon tetap awet, PTKA melakukan pemeliharaan tiga bulan sekali, meskipun daya tahannya sampai satu tahun. Selain itu, juga dilakukan kampanye untuk tidak merokok, membuang sampah sembarangan dan ajakan untuk memelihara kereta secara bersama-sama. “Kekotoran kereta dan rusaknya lantai kereta juga disebabkan oleh rokok dari penumpang yang menempel maupun bintik-bintik hitam di lantai kereta.” ####

Tidak ada komentar:

Posting Komentar